Jenis Jenis Kereta di Jepang

10:15 AM Unknown 1 Comments

Hai kalian semua, ketemu lagi nih. Kali ini saya akan membahas mengenai jenis-jenis kereta yang ada di Jepang. Kita tahu kalau di Jepang itu alat transfortasi yang paling banyak di pakai yaitu kereta api, nah kereta api di Jepang sendiri mempunyai banyak jenis, agar kalian tidak penasaran lagi ayo kita lihat.
Berkut ini adalah jenis-jenis kereta di Jepang :
1. Kereta Lokal /futsu 「普通」
Kereta lokal atau kereta Jenis Futsu merupakan jenis kereta yang berhenti di setiap stasiun di setiap perjalanannya. Untuk kereta jenis Futsu ini gerbongnya terdiri dari 8 - 10 gerbong dan untuk jenis kereta Futsu yang berada di daerah, gerbongnya cuma mencapai 2 gerbong saja. untuk kalian yang berada dalam keadaan buru-buru, kereta ini bukan pilihan yang tepat.

2. Kereta Express 「急行
Kereta beritkutnya yaitu Kyuukou 「急行」atau biasa disebut dengan kereta ekspres, kereta ini melayani rute yang sama dengan kereta futsu tetapi kereta ini tidak berhenti disemua stasiun, kereta ini hanya berhenti di stasiun yang ramai saja. Untuk gerbong pada jenis kereta ini bejumlah antara 12-15 gerbong. Bagi kalian yang tidak ingin berpergian dengan waktu lama/ berhenti disetiap stasiun seperti kereta Futsu ini merupakan pilihan yang bagus dan untuk harga tiketnya sama seperti Futsu.

3. Kereta Rapid 「快速」
Kereta beritkutnya yaitu Kaisoku 「快速」berarti kereta cepat, atau biasa disebut sebagai kereta semi-express. kereta ini tidak akan berhenti di setiap stasiun, tapi itu pasti akan berhenti di lebih dari express.

4. Kereta Limited Express 「特急」
Kereta tercepat berikutnya yaitu Tokkyu 「特急」atau ekspres terbatas. kereta jenis ini kecepatannya tidak secepat dengan kereta Shinkansen, akan tetapi kereta ini lebih cepat dibandingkan dengan kereta jenis Futsu, Rapid, Express dan kereta ini hanya berhenti di stasiun-stasiun besar saja, jadi buat kalian yang ingin berpergian jauh dan tidak ingin mengeluarkan bajet yang banyak seperti Shinkansen, kereta jenis ini adalah pilihan yang cocok bagi anda.

5. Kereta Shinkansen 「新幹線」
Shinkansen atau yang biasa juga disebut dengan "Kereta Api Peluru" merupakan kereta tercepat yang menjadi andalan bagi warga Jepang. Shinkansen sudah melanyani warga Jepang sejak tahun 1964, dimana pada saat itu hanya ada jalur kereta Shinkansen Tokaido yang melewati Tokyo hingga Osaka. Namun sekarang sudah banyak jalur yang dilewati oleh kereta Shinkansen bahkan sudah mereta di seluruh Jepang. Untuk tiket kereta Shinkansen, kita perlu merogoh kocek yang dalam, bahkan harga tiket kereta Shinkansen hampir sama dengan tiket pesawat di Jepang. 

Sumber : JapanRailPass, Aristo.

You Might Also Like

1 comment:

  1. Kepala kereta Limited Express kaya kepala nya Iron Man hahaha.
    XD

    ReplyDelete